Site Loader

Pengkodean medis adalah proses mengubah narasi medis menjadi serangkaian kode alfanumerik standar. Pengkodean yang terperinci dan akurat dari semua informasi medis deskriptif yang terkait dengan prosedur perawatan kesehatan adalah tahap kunci dalam pengiriman layanan kesehatan berkualitas tinggi yang efisien. Pengkodean rekam medis juga menyediakan informasi berharga untuk penelitian medis dan perencanaan perawatan kesehatan. Dalam yurisdiksi tertentu, pengkodean medis juga dikenal sebagai pengkodean klinis, pengkodean diagnostik dan pengkodean perawatan kesehatan.

Coders medis

Coders medis atau klinis adalah infeksi saluran pernafasan profesional perawatan kesehatan yang bertanggung jawab untuk proses pengkodean. Mereka menafsirkan catatan medis dan pernyataan klinis, dan kemudian memetakan hasil analisis mereka ke serangkaian kode medis standar. Profesional pengkodean beroperasi di berbagai lingkungan perawatan kesehatan, tetapi juga hadir dalam berbagai pengaturan non-penyedia layanan. Di seluruh dunia, ada banyak asosiasi nasional untuk memantau, memelihara, dan mengatur standar profesional pembuat kode medis.

Proses Pengodean Medis

Output informasi dari proses pengkodean adalah sumber daya berharga untuk berbagai sistem manajemen informasi kesehatan yang digunakan oleh administrasi medis, organisasi kesehatan, perusahaan asuransi, pemerintah, lembaga penelitian, lembaga pendidikan dan lembaga internasional. Secara internasional, proses pengkodean juga dikenal sebagai klasifikasi medis dan merupakan proses standar yang umumnya dibagi menjadi tiga tahap besar: abstraksi, penugasan, dan peninjauan.

Selama proses abstraksi, perhatian utama dari pembuat kode medis adalah analisis pertemuan kesehatan individu yang terkait dengan pasien atau kelompok pasien tertentu. Coder akan memeriksa gejala yang disajikan, diagnosa yang dibuat, perawatan yang diberikan, hasil yang dicapai dan hasil akhir. Selama tahap proses pengkodean ini, pembuat kode biasanya akan menganalisis Sakit Perut Sebelah Kiri dan menafsirkan data dari berbagai sumber seperti, catatan klinis, catatan bedah dan hasil laboratorium.

Selama tahap penugasan proses, seorang coder memusatkan perhatian pada pemetaan data yang dihasilkan oleh proses abstraksi ke sekumpulan kode standar. Fase penugasan dibagi menjadi dua tahap: mengidentifikasi kode yang benar dan memasukkan hasil selanjutnya ke dalam sistem manajemen informasi yang relevan. Biasanya, informasi akan disimpan pada sistem basis data relasional berbasis komputer.

Meninjau adalah langkah terakhir dan kunci dalam proses pengkodean medis. Pembuat kode harus menetapkan kesesuaian keluaran terkait dengan input kasus awal. Penting untuk diketahui bahwa kode yang diterapkan ditetapkan secara akurat dan adil mewakili perjumpaan kesehatan pasien, dan bahwa tidak ada kode medis yang berlebihan atau tidak perlu yang telah diterapkan pada riwayat kasus.

Standar Pengodean Medis Internasional

Standar pengkodean medis dipertahankan pada basis internasional dan diatur oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Klasifikasi yang didukung secara internasional ini diperlukan untuk memfasilitasi perbandingan data terkait kesehatan yang valid dan konsisten baik secara inter dan intra-nasional. Standar Organisasi Kesehatan Dunia mencakup tiga kategori referensi luas: ICD, yang mencakup klasifikasi statistik penyakit dan Masalah kesehatan terkait; ICF, yang berkaitan dengan pengkodean disabilitas dan masalah kesehatan terkait; dan standar pengkodean ICHI, yang berkaitan dengan klasifikasi internasional intervensi kesehatan.

Meskipun standar pengkodean internasional ini telah memperoleh pengakuan dan penerimaan hampir di seluruh dunia, banyak pemerintah nasional dan badan kesehatan nasional telah mengembangkan standar pengkodean nasional yang telah diturunkan dari sistem klasifikasi yang diakui secara internasional ini. Karena itu, sebagian besar program pelatihan dan kualifikasi pengkodean medis hanya memiliki pengakuan nasional.

bl-antidot.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *